Anda berada di Home

Tutorial membuat tas patchwork

Surel Cetak PDF

Halloooo Craft Lovers....
Jangan buang kain sisa atau pakaian yang sudah tidak muat dipakai. Dengan modal kain perca, kita bisa bikin tas atau yang lain loooh...

aiu Craft kali ini mau coba share panduan/ cara membuat tas patchwork.Susah-susah gampang, tapi menyenangkan untuk dicoba. Kalau ada masukan, kami senang menerimanya by email Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya . Yuk mariiiiiy....

tutorial tas_32

Pertama siapkan perlengkapanyang akan dipakai:

  1. Bahan (kain), perca-Boleh bahan apa saja, baik katun, drill bahkan jeans.
  2. Gunting
  3. Jarum pentul
  4. Penggaris, meteran
  5. Pemotong kain-saya pakai rotarry cutter
  6. Resleting
  7. Furing
  8. Busa angin

Setelah mengumpulkan kain sisa/ kain perca dan perlengkapan, mari kita mulai:

1. Tentukan ukuran tas yang diinginkan. Misalnya : 42 x 37 cm atau 16 1/2 x 14 1/2 inch. Potong furing sesuai ukuran tersebut. Dan dijadikan acuan apakah ukuran kain patchwork Anda sudah sesuai. Atau sebaliknya, patchworknya dulu dibuat, furing yang menyesuaikan.

tutorial tas_01

2. Susun potongan kain perca di atas furing. Jangan lupa dilebihkan 1/2 inch untuk jahitan sambungan.
Jahit / sambung semua potongan perca menjadi satu lembar.
3. Potong busa angin/ busa lapis sesuai ukuran.

tutorial tas_33

4. Setelah semua sesuai dengan ukuran, sekarang satukan kain patchwork, busa angin dan furing. Pastikan lapisan rapi dan sematkan jarum pentul /peniti agar tidak bergeser. Badan tas siap di jahit.

5. Jahit 3 lapis badan tas tersebut. Jahit pola quilt nya bebas. Bisa mengikuti patchworknya, kotak-otak, serong-diagonal atau kurva meliuk-liuk.
tutorial tas_17      tutorial tas_19

6. Jika ingin menggunakan kantong di dalam tas, potong, sematkan dengan jarum pentul, dan jahit di sisi furing. Sisihkan badan tas tersebut.

tutorial tas_15   tutorial tas_16   

7. Siapkan resleting dengan panjang yang sesuai dengan sisi tas yang diinginkan terbuka, dan siapkan sepasang kain panjang dan lebar sesuai keinginan. Satukan / jahit resleting dengan kain panjang tersebut. Sisihkan bagian resleting tersebut.

tutorial tas_08     tutorial tas_06

 tutorial tas_04     tutorial tas_07


8. Potong bahan untuk tali tas. Panjang tali bisa sesuai keinginan. Misalnya 55cm atau 21 1/2 inch dengan lebar 9 cm atau 3 1/2 inch. (2 buah), atau 1 buah tali panjang untuk tas slempang.
9. Potong busa lapisdangan panjang yang sama dengan tali namun lebarnya cukup setengahnya. 21 1/2 x 1 3/4 inch

tutorial tas_09


10. Jahit tali dan busa lapis. Lipat lebar tali menjadi 2, dengan sisi bagus bahan di dalam, tumpuk dengan busa lapis. Jahit sepanjang tali sisi yang terbuka (bukan lipatan).

tutorial tas_10

11. Balik tali dengan cara disodok, atau sematkan peniti di ujung dan dorong hingga terbalik. 

tutorial tas_12  tutorial tas_11

tutorial tas_13

12. Jahit pinggir kanan kiri tali, agar tidak melintir saat dipakai. Sebelumnya rapikan dulu posisinya, bisa di gesekkan di tepi meja atau labih rapi jika disetrika. Tali sudah siap dipasang.

tutorial tas_14

13. Ambil badan tas, bagian resleting dan tali. Temukan /susun sisi badan tas dan sisi resleting, sisi bagus kain bertemu. Pentulkan.
14. Ukur dan tandai, posisi tali sesuai keinginan. Selipkan di antaranya. Jadi lapisan siap jahit adalah, badan tas-tali-bagian resleting. Jahit deh.... Kanan kiri yaa...

tutorial tas_23  tutorial tas_24
15. Jahit sisi kanan kiri badan tas menjadi satu. Juga sudut jika ingin emberi kesan tebal untuk tas ini. Selimuti jahitan pinggir dengan bahan furing atau obras.

    tutorial tas_21tutorial tas_21

16. Sekarang, balik tasnya agar sisi bagus nya di luar.

    tutorial tas_29tutorial tas_30
    tutorial tas_31tutorial tas_28

    Jadi deh.....

    tutorial tas_32

 

Tas nya cantik deh....
Selamat mencoba...